Praktisi Juga Butuh Teori - Bersama Alumni KPI IPMAFA

 



Tak bisa dipungkiri bahwa menjadi Praktisi harus punya basic, teori, dan  juga punya pengengetahuan yang benar benar mapan dan bisa dipertanggungjawabkan, terutama ketika kita menggeluti dunia profesional. Kali ini, salah satu alumni IPMAFA akan membagikan pengalamannya selama menggeluti dunia industri kreatif.

Arrie Nugraha, seorang penyiar radio PAS FM Pati yang suaranya sudah tidak asing terdengar di telinga kita, juga pendiri dan pengelola Scream Audiolaps Studio Pati adalah alumni KPI IPMAFA angkatan pertama  yang saat ini sudah sangat aktif di dunia profesional.

Arrie mengatakan bahwa “Pendidikan ke jenjang yang seharusnya, waktu itu saya menjadi host atau penyiar radio itu memang harus mempunyai basic dan teori yang kuat yaitu teori komunikasi. kemudian semakin kesini bahwa ilmu pengetahuan tentang media, tentang jurnalistik itu cukup penting dan itu satu satunya jalan harus melalui kuliah.”

“IPMAFA adalah sebuah tempat untuk mendapatkan sesuatu yang saya cari. Ilmu pengetahuan, teori tentang komunikasi, teori tentang industri kreatif, ini yang cukup penting. Untuk teman teman yang ingin menekuni dunia industri kreatif karena mata kuliah yang diajarkan disana tentang kewirausahaan. Jadi misal tidak berkecimpung di dunia media yang besar kita masih punya lahan yaitu industri kreatif kewirausahaan. Jadi IPMAFA adalah tempat yang memberikan apa yang saya mau. Saya suka dunia media, saya ingat ada salah satu dosen di semester dua atau tiga yang mengatakan bahwa kalian kuliah dimanapun itu sama saja yang membedakan adalah sejauh mana si mahasiswa untuk membaca buku. Jadi Kalau ada teori langsung di eksplore saja, kemudian kita bandingkan apa yang ada di dunia nyata itu yang sangat penting yang saya rasakan” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, anggapan bahwa hanya 20 persen teori yang digunakan saat kuliah untuk kehidupan sehari hari itu tidak sepenuhnya betul. Karena,  yang ia rasakan adalah 80 persen teori yang ia dapatkan selama kuliah di IPMAFA itu sangat berguna selama ia mengelola Scream Audiolaps secara management, teknik dan skill seperti editing . Dan bahkan, ketika ia menjadi Penyiar radio PAS FM Pati 95% teori produksi sangat berguna karena disana bekerja berdasarkan police management dan Standar Oprasional Prosedur (SOP).


Simak video lengkapnya:

Post a Comment

0 Comments