Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang dengan izin-Nya kita telah diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri Upacara Wisuda Sarjana IV Institut Pesantren Mathali’ul Falah pada hari ini. Shalawat beriring salam semoga selalu tercurahkan ke pangkuan Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa umatnya ke peradaban yang penuh ilmu pengetahuan.
Yth. Ketua dan Anggota Senat Institut Pesantren Mathali’ul Falah,
Yth. Bupati Kabupaten Pati,
Yth. Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pati,
Yth. Ketua Kopertais Wilayah X Jawa Tengah,
Yth. Ketua Dewan Pembina Yayasan Nurussalam Kajen Margoyoso Pati,
Yth. Pengurus Yayasan Nurussalam Kajen Margoyoso Pati,
Yth. Pengurus Syuriah PCNU Kabupaten Pati,
Yth. Para Alim Ulama,
Yth. Rektor dan Jajaran Pimpinan Institut Pesantren Mathali’ul Falah,
Yth. Segenap Wakil Rektor Institut Pesantren Mathali’ul Falah,
Yth. Segenap Dekan di lingkungan Institut Pesantren Mathali’ul Falah,
Yth. Para Dosen dan Karyawan Institut Pesantren Mathali’ul Falah,
Yang Kami Muliakan Ayahanda dan Ibunda serta Wali Wisudawan Institut Pesantren Mathali’ul Falah,
Yang berbahagia wisudawan Institut Pesantren Mathali’ul Falah,
Tamu Undangan, Wisudawan, serta seluruh Hadirin yang berbahagia,
Perkenankan pada kesempatan yang teramat berharga ini, saya berdiri menyampaikan sambutan singkat mewakili para wisudawan.
Institut Pesantren Mathali’ul Falah menjadi tempat kami belajar, berdiskusi, membangun akhlak dan berinteraksi, mengabdi kepada masyarakat, serta melakukan penelitian ilmiah untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi sekaligus belajar memahami makna visi perguruan tinggi riset yang berbasis nilai-nilai pesantren. Institut Pesantren Mathali’ul Falah adalah istana ilmu bagi kami. Institut Pesantren Mathali’ul Falah-lah yang menjadikan siapa kami hari ini, yang berdiri di sini sebagai wisudawan Institut Pesantren Mathali’ul Falah. Maka izinkanlah saya mengucapkan selamat wisuda kepada seluruh wisudawan yang berbahagia hari ini! Saya yakin ini adalah salah satu pencapaian besar dalam perjalanan hidup kita semua.
Ucapan terima kasih yang mendalam kepada Rektor, Dekan, Dosen, dan segenap civitas akademika Institut Pesantren Mathali’ul Falah yang telah membimbing dan mengasah intelektual, moral maupun spiritual selama kami menimba ilmu di Institut Pesantren Mathali’ul Falah tercinta ini.
Kami menyampaikan permohonan maaf yang tulus kepada segenap civitas akademika Institut Pesantren Mathali’ul Falah atas segala kesalahan, kekurangan dan kekhilafan kami selama kami menjadi warga Institut Pesantren Mathali’ul Falah.
Tidak lupa pula, kami Wisudawan dan Wisudawati mohon do’a restu, semoga kami semua setelah benar–benar lepas dan menyandang gelar kesarjanaan dapat berperan sebagai aktor intelektual di tengah – tengah masyarakat dengan membawa nama baik dan kehormatan Institut Pesantren Mathali’ul Falah.
Ayahanda, Ibunda, serta Wali Wisudawan yang hari ini berbahagia.
Dengan penuh ketulusan dan kerendahan hati, Kami persembahkan kebanggaan ini untuk Ayahanda, Ibunda dan seluruh keluarga yang selama ini mendukung perjalanan kami. Ini bukanlah akhir dari upaya kami untuk terus membahagiakan orang tua. Saya mewakili para wisudawan mengucapkan terima kasih setulus–tulusnya kepada setiap orang tua, Ayah dan Ibu serta wali wisudawan atas dukungan dan kasih sayang yang berlimpah yang diberikan kepada kami.
Para wisudawan yang berbahagia.
Hari ini telah bertambah tanggung jawab moral atas gelar yang disematkan bersamaan dengan nama kita. Tanggung jawab sebagai mahasiswa barangkali memang telah usai, tapi tanggung jawab atas ilmu dan gelar yang kita miliki akan terus ada selama kita masih hidup.
Apapun yang kita lakukan setelah ini, menjadi politikus, akademisi, peneliti, wirausahawan, penggerak LSM, dll, pastikan bahwa teman-teman semua tetap memiliki kepedulian terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, paham kondisi masyarakat, dan mampu menyusun langkah-langkah untuk mewujudkan kondisi masyarakat yang ideal dengan potensi yang ada. Tanggung jawab kita setelah ini bukan hanya mensejahterakan diri sendiri tetapi juga masyarakat sekitar kita. Tugas kita adalah bagaimana kita mampu mengamalkan ilmu kita demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui bidang tarbiyah, syari’ah dan dakwah. Semoga kita mampu mengemban amanah dan tanggungjawab atas ilmu yang kita miliki.
Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada sesuatu yang kurang berkenan di hati. Terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Share To:

Post A Comment: