Purworejo, Sabtu (26/12/15), Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) IAIN Salatiga melakukan studi banding di Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) Pati. Kunjungan ini disambut langsung oleh pengurus Badan Ekesekutif Mahasiswa Prodi PBA Ipmafa didampingi Wakil Rektor, Dekan Fakultas Tarbiyah serta para dosen Prodi PBA IPMAFA.
Selama ini beberapa lembaga dari luar daerah Pati berkunjung ke Ipmafa dalam rangka studi banding seperti yang belum lama ini dilakukan oleh Pondok Modern Gontor ke Ipmafa. Meskipun Ipmafa merupakan perguruan tinggi yang baru berdiri tahun 2008, tidak sedikit lembaga pendidikan lain tertarik melakukan studi banding dalam rangka menggali informasi sistem pendidikan yang ideal.
Studi Banding HMJ kali ini difokuskan pada Prodi PBA Ipmafa yang memiliki kompetensi unggulan yang baik dalam pendidikan Bahasa Arab. Sejumlah mahasiswa Prodi PBA tidak jarang menujarai kompetisi Bahasa Arab tingkat nasional maupun lokal. Beberapa alumni PBA Ipmafa juga mendapatkan beasiswa dan melanjutkan studi S2 ke luar negeri.
“Institut Pesantren Mathali’ul Falah tergolong kampus yang maju khususnya pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Oleh karena itu, tak heran jika Ipmafa dijadikan tujuan studi banding” tutur Sri Guna Najib Chaqoqo, seorang dosen pendamping rombongan HMJ.
Acara studi banding dimulai pukul 11.00 WIB sampai16.30 WIB dengan dimeriahkan oleh tim Paduan Suara Mahasiswa PBA. “Kedepan, diharapkan acara studi banding ini membawa manfaat bagi kedua belah pihak dan silaturahim antara HMJ PBA IAIN Salatiga dan BEM Prodi PBA Ipmafa semakin erat.”, Muhammad Ikhsan Abadi, mahasiswa HMJ berharap.
Share To:

Post A Comment: